Three Wishes

Ceritanya, saya bertemu sebuah (seorang?) jin dari lampu gosok usang di pasar loak. Ia memberi saya kesempatan untuk menyelamatkan bumi dengan tiga permintaan. Baiklah om jin, inilah permintaan saya.

Pertama, saya ingin om jin membantu saya membersihkan dan mengubah semua polusi yang ada di bumi. Tolong buat asap-asap kendaraan jadi bersih jernih tanpa partikel karbon monoksida, asap-asap pabrik di filter dan diubah jadi oksigen. Buat sampah-sampah yang menumpuk itu terpisah antara yang organik dan non-organik, yang bisa di recycled jadilah barang-barang baru yang bisa dimanfaatkan lagi. Buat air-air penuh limbah dan bakteri E.coli menjadi air yang kaya oksigen, tanpa limbah, tanpa sampah, di mana ikan-ikan dan biota air lainnya bisa hidup seperti zaman dahulu ketika manusia belum mengotori bumi. Tolong redam suara-suara berisik dari kendaraan bermotor itu agar saya bisa mendengar suara alam: gemerisik angin meniup pohon, kicauan burung, gemericik air. Bukan hingar bingar perkotaan yang membuat sakit kepala.

Kedua, tolong buat agar ozon selalu dapat diperbaharui, di manapun kapanpun, bahkan di Antartika yang beriklim ekstrim, sehingga pada akhirnya lubang ozon dapat tertutup kembali. Lubang ozon telah membawa dampak besar bagi pencairan es di kutub, dan pencairan es itu membuat perubahan iklim di berbagai penjuru dunia. Banjir di musim panas, bahkan di wilayah-wilayah yang tidak pernah banjir sebelumnya. Lalu, hilangnya habitat bagi makhluk hidup seperti beruang kutub dan penguin. Seekor beruang harus berenang berjam-jam untuk mencari daratan, dan pada akhirnya ditemukan mati kelelahan. Belum lagi pancaran sinar UV dari sang surya yang masuk dalam kapasitas berlebihan, mengancam kesehatan bagi kulit manusia. Karena itu, saya berharap jika lubang ozon ditutup, kehidupan di bumi akan kembali menjadi lebih baik.

Ketiga, ubahlah mind-set seluruh orang di bumi ini untuk selalu mengingat kesehatan bumi, tempat tinggalnya, ketika melakukan segala sesuatu. Buatlah manusia untuk selalu ingat bahwa dengan berbuat baik ke bumi, maka kita juga akan mendapat tempat tinggal yang nyaman. Jauhkanlah pikiran yang bersifat materialistis dan buatlah perusahaan-perusahaan, sekolah-sekolah, lembaga-lembaga, untuk senantiasa aktif dalam kegiatan-kegiatan melestarikan bumi kita. Setidaknya, setiap orang punya kesadaran untuk berbuat baik bagi tempat tinggalnya. Jika semua orang punya green-mind, saya percaya bumi bisa kembali sehat, kembali menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi kita semua.

Terimakasih ya om jin untuk kesempatan request three wishesnya. Semoga permintaan saya berguna bagi umat manusia :)


Anissa Ratna Putri, untuk tugas liburan U-green yang dikerjakan dengan sepenuh hati :p

Share:

1 comments