Climate Change and Energy: The End

21.45.00

Hampir setahun yang lalu saya membuat tulisan tentang CCE. Waktu itu saya baru menjabat sebagai Kepala Program CCE di Badan Pengurus U-green 2011-2012. Dan hari ini sudah resmi turun jabatan, setelah sertijab berlangsung dua hari yang lalu :')

Di awal kepengurusan, semangat berkobar-kobar, bikin proker dan punya mimpi-mimpi yang pengen diwujudkan setahun kedepan. Meskipun awalnya takut, tapi alhamdulillah greeners 2009 dan 2010 welcome banget dan 2008 ke atas nggak bosan memberi masukan untuk CCE yang lebih baik. Setelah setahun, dan akhirnya mempresentasikan laporan pertanggungjawaban, saya mendapat pertanyaan dari sesepuh greeners: "Puas sama hasil jerih payah kamu?"

Sejujurnya, tidak. Entah kenapa, passion saya dalam bekerja di CCE ini menurun, seiring berjalannya waktu. Lebih banyak dilakukan karena kewajiban daripada karena ingin berbagi pengetahuan seperti di awal kepengurusan. Sedih sih, jadinya banyak banget kesempatan yang hilang karena saya nggak tanggap. Misalnya aja waktu Earth Hour dan BBM, itu bisa banget dijadikan diskusi bareng, tapi saya nggak melakukannya. Misalnya lagi untuk proker Fact of Campus, kalau dari awal saya niat banget hasilnya pasti akan sangat bermanfaat untuk menyadarkan massa kampus tentang energi dan permasalahan lingkungan di kampus ITB.

Dulu saya pengen menghilangkan pertanyaan orang-orang, "Program tuh ngapain sih?"
Saya pengen banget membuat greeners bilang, "Setelah setahun di U-green, saya dapet banyak pengetahuan baru lho."

Tapi ternyata setelah setahun ini, saya masih dengar kalimat, "Program dirasa masih kurang."

Kenapa ya? Padahal biasanya saya selalu menerapkan totalitas dalam bekerja, dan ketika parameter keberhasilan saya tidak tercapai tuh rasanya kesel banget. Maklum, saya perfeksionis sih.
Sekarang separuh dari proker saya tidak berjalan, dan yang berjalan pun ternyata dinilai belum memberi banyak manfaat. Setahun ini ternyata saya nggak total ya :(

Yah meskipun masih banyak kurangnya dan ngerasa nggak maksimal, tapi saya tetep bahagia kok jadi Kepala Program CCE setahun kemarin. Di CCE kemarin saya merasa sangat terbantu oleh Greeners 2010 dan 2011, juga 2009 dan 2008 yang masih mau bantu-bantu dan meramaikan acara CCE. Curcol dikit, sejatinya kelimuan CCE itu sendiri agak berbeda dengan keprofesian saya. Nggak seperti dua KaPro lainnya yang keprofesiannya mendukung keilmuannya, ketika membahas CCE, saya nggak bisa hanya mengandalkan keprofesian, harus belajar banyak lagi, browsing-browsing lagi. Dan ketika greeners-greeners lagi penasaran dan nanya sesuatu, saya kadang suka nggak bisa jawab atau nggak yakin sama jawaban saya. Ketika dalam situasi urgent seperti inilah saya bahagia banget ada greeners FTTM dan FITB macam Dony, Cungut, dan greeners-greeners-yang-lebih-paham-tentang-energi lainnya yang membantu saya. Inilah contoh kalau KaPro itu belum tentu yang paling tau semuanya :))

Berkat CCE, saya dapat banyak pembelajaran dan pengetahuan baru. Pembelajaran buat manajemen mood, buat nggak kerja sendiri, buat kenalan sama orang-orang baru, buat bikin games yang aneh-aneh tapi mendidik, ah nggak bisa disebut satu-satu. Terimakasih ya CCE, Greeners CCE dan U-green. Semoga CCE setahun kedepan lebih baik dari setahun kemarin. Semangat untuk KaPro CCE baru Wiku Larutama!

Thankyou CCE! 
(ini nggak sampai separuh dari greeners cce, tapi yg penting berhasil foto ya :'))

You Might Also Like

0 comments