Flashback 2012

2012 adalah:

1. Tahun jalan-jalan. Alhamdulillah punya kesempatan ke Medan, Danau Toba, Muara Badak, dan Balikpapan. Menyicil mimpi untuk menginjakkan kaki di 5 pulau besar di Indonesia.

2. Tahun main, ngebolang, dan makan enak. Sudah ke: Lembang, Museum Mandala Wangsit Siliwangi, Museum KAA, Masjid Raya Bandung, Pemancingan di Sumedang, Kiara Payung, Japanese Trick Art Exhibition. Sudah makan: jagung bakar, tahu susu, susu lembang, bitterbalen enak, es cendol enak, batagor kuah ceker super enak, mih kocok mang dadeng, the legendary bebek rica-rica muara badak, ikan hasil pancingan sendiri, dimsum, roti gempol, dan kalkun. Sudah berenang perdana di waterboom dan di saraga. Juga sudah nyobain sepedah sewaan yang selama ini hanya dilirik dan diliatin aja.

3. Tahun melepas CCE dan memulai ENVIRO. Banyak banget belajar di Climate Change & Energy U-green, juga selama jadi bagian BP U-green 2011-2012. Memulai passion saya menggarap majalah himpunan, Enviro, dan berhasil menerbitkan edisi 10 nya tepat pada hari ulang tahun saya. Terimakasih untuk crew Enviro yang super cool :') Edisi 11 nya segera menyusul!

4. Tahun makalah dan autocad.  Kalau 2011 adalah tahun ngelab, 2012 di Teknik Lingkungan diisi dengan aneka makalah di semester 6 dan aneka autocad di semester 7. Thank God, semua sudah lewat. Semoga nggak akan ketemu mata kuliah itu lagi.


5. Tahun kerja praktek. Saya akhirnya punya gambaran seperti apa dunia yang katanya kebanyakan diidamkan oleh mahasiswa ITB setelah lulus. Kerja praktek, at some point or another, juga memberikan pencerahan pada saya, bidang seperti apa yang saya inginkan ketika bekerja sebagai Insinyur Teknik Lingkungan.


6. Tahun bertemu orang-orang baru. Nggak banyak sebenarnya, tapi saya selalu senang punya kenalan baru. Selain orang-orang di tempat kerja praktek, saya juga kenalan sama PSTK 2011 yang menemani saya selama persiapan Pagelaran TW 41, juga kenalan sama teman-teman EAW di TBI. Kelas saya seru banget, baik anak-anaknya maupun teachernya. It's been pleasure to know you all, guys.

7. Tahun penempaan. Belajar untuk menerima keadaan seperti apa adanya, bahkan berusaha untuk memperbaikinya. Belajar untuk menjadi penengah, belajar melihat segalanya dari berbagai sisi. Belajar untuk mendampingi, belajar untuk menguatkan, belajar untuk tegar. Belajar melepaskan dan merelakan. Belajar melihat: membuka mata, dan membuka hati.

8. Tahun perubahan. Bisa dikatakan, setengah tahun terakhir mungkin adalah titik balik besar dalam kehidupan saya. Saya (akhirnya) mau melangkah keluar dari zona nyaman (yang-sebenarnya-udah-nggak-senyaman-itu). Dan ternyata, menemukan zona nyaman baru yang sangat membahagiakan. Meskipun resikonya, saya kehilangan sebuah keluarga. Tahun ini juga salah satu resolusi hidup akhirnya terwujud dengan mulai menggunakan jilbab.

SO MUCH things happenned back then in 2012. Some of it maybe the best experience of my life, but some others maybe not quite something I really expected to be happenned. But it happenned anyway. Setelah dilihat-lihat lagi, saya merasa harus banyak bersyukur dengan segala kesempatan jalan-jalan, kesempatan belajar, kesempatan survive, yang sudah dilewati selama 2012 ini. Terimakasih Allah, dan semua orang yang berperan menyokong kehidupan saya selama 2012. And thank you for the amazing adventure, 2012!

Share:

0 comments