Mahasiswa Tingkat Akhir


Kehidupan akademis mahasiswa - saya, setidaknya - kalau digambarkan mungkin bentuknya kerucut terbalik. Mirip seperti cone ice cream di atas. Awalnya luas kemudian menyempit. Awalnya dijejali yang dasar-dasar kemudian diarahkan menuju ilmu keprofesian yang lebih spesifik. Awalnya senang-senang kemudian inginnya tetap senang-senang tapi apa boleh dikata, ada tugas akhir di depan mata.

Tingkat akhir - belum terasa tingkat akhir sebenarnya kalau belum masuk semester akhir. Semester 7 masih pusing mikirin laporan KP, autocad pbpal pbpam, meski udah mulai lieur juga sama yang namanya UGB TA. Tapi belum, sekali lagi, belum ada apa-apanya UGB TA itu dibanding kenyataan tentang tugas akhir di semester akhir.

Maka di semester akhir ini, dapat dikatakan bahwa 5 sks kuliah wajib pun rasanya terasa bagai angin lalu dibanding yang namanya tugas akhir. Bukan, bukan karena susah banget kaya soal ujian PLI jaman semester 6. Bukan juga karena deadlinenya besok banget kaya waktu ngerjain laporan labling. Tapi karena tugas akhir ini hanya akan dimulai, dilaksanakan, dan selesai, jika dan hanya jika saya bergerak. (Bukan, ini bukan kampanye pemira ITB, plis banget)

Tugas akhir itu ibaratnya tugas mahabesar dengan deadline yang saya sendiri yang menentukan. Saya mungkin nggak se-deadliner itu, tapi saya rasa setiap orang punya flow naik-turun dalam prosesnya. Saya cuma bisa berdoa, beberapa bulan ke depan flow ngerjain TA nya terjaga stabil cenderung naik, supaya nggak sering-sering ketemu sama yang namanya tekanan batin - saat dimana merasa bersalah karena progress lamban, progress sedikit, progress jauh banget dibanding si A atau si B, dan lain sebagainya. 

Saya juga berdoa buat teman-teman saya, buat orang-orang terdekat saya, untuk dimudahkan tugas akhirnya, untuk dilancarkan agar segera mendapat gelar Sarjana. Meskipun saya takut ditinggal, takut banget. Tapi saya tetap mendoakan mereka yang sudah jauh di depan saya, mereka yang satu fase sama saya, mereka yang agak ketinggalan di belakang saya, untuk mencapai titik Sarjana itu pada waktu yang tepat. Selamat jadi swasta wahai 2009, ayo capai gelar Sarjana itu sama-sama! :)

Share:

2 comments

  1. Ica ini keren banget postingnya , sweet and encouraging :'

    BalasHapus
  2. thanks lyyd hehe padahal semacam curcol :'D

    BalasHapus