2013 Back Then and 2014 Ahead

08.46.00

Halo, I know it's late, tapi Selamat Tahun Baru! Kali ini postingan ganti tahunnya saya jadikan satu biar lebih ringkas. Tahun 2013 kemarin terasa berjalan sangat cepat. Rasanya seperti baru kemarin saya memulai TA di Januari, ternyata sekarang sudah Januari lagi.

As for my last year resolutions, secara singkat pencapaiannya bisa digambarkan seperti ini:

  • Target akademik saya tercapai: KP beres, TA beres, lulus Okt 2013. Target karir.. well, saya bekerja buat Kementerian PU meskipun secara tidak langsung, dengan menjadi asisten Pak Wahyu. Beasiswa S2, untuk semua orang yang bertanya-tanya, I haven't heard any good news so far.
  • Karir saya di dunia menulis agak menurun. Meskipun saya menyelesaikan tanggung jawab sebagai Editor in Chief dengan cukup menyenangkan, tapi saya bolong nggak menulis di blog ini bulan Oktober dan saya juga belum menulis lagi untuk media apapun, which feels no good since writing for national media has been my new year resolution since God knows when.
  • Alhamdulillah tahun ini saya dan keluarga sudah jalan-jalan ke tiga daerah yang belum pernah saya datangi: Lombok, Surabaya, dan Malang. Akhirnya jalan-jalan ke tempat outdoor sama Bayu, meskipun keinginan nonton Coldplay nggak tercapai karena berita mereka mau datang ternyata bohong. Pertengahan tahun ini saya juga sempat ke Yogya sama teman-temen tapi nggak sempat jalan-jalan karena sedang ikut lomba.
  • Target puasa, baca buku, kliping, olahraga, memasak, dan menyetir tidak tercapai. Seperti biasa, saya masih nggak disiplin juga :(
Tahun 2013 dalam tiga kata: akademik, perpisahan, dan pertemuan. Setengah tahun lebih berkutat dengan sampah-sampah di TPA Sumur Batu Bekasi demi TA, untung pembimbingnya malaikat macam Prof. Enri Damanhuri. Dari TA ini saya bertemu dosen, staf, dan teman-teman seperjuangan di Lab B3 yang menyenangkan. Yet I also have to say goodbye kepada Swargalokanata sebagai satu angkatan di kampus, karena di Oktober kemarin perbedaan jalan yang ditempuh setiap orang semakin nyata. Kemudian juga, farewell dengan Dito. Juga dengan Alm. Om Nachrowi papanya Hanna dan Alm. Om Jonky papanya Winny yang sudah seperti keluarga sendiri. Pertemuan dengan IMW Consultant yang staffnya error semua, membuat bekerja jadi lebih menyenangkan. Dan pertemuan kembali dengan orang-orang yang saya nggak kira akan kembali ke daily life saya - setidaknya dulu saya berasumsi nggak akan secepat ini - and I still trying to find out what is His reason to set me up in this kind of life scenario.

Overall, I have to say 2013 is much better than 2012, banyak momen menyenangkan yang menjadi once-in-a-lifetime experience. 

Tahun ini, sama seperti awal tahun kemarin, jalan saya masih terlihat agak blur. Dan masih ada target-target lama yang (selalu) tidak tercapai. So I'll try to make a more rational resolution here, and I'll try to be more discipline this year. Here's my 2014 resolutions:

1. Jalan-jalan ke tiga daerah yang belum pernah dijelajahi.
2. Menyelesaikan Buku Kenangan Swargalokanata sebelum Wisuda April 2014.
3. Menamatkan Friends Season 1-10.
4. Update tumblr foto secara berkala, nggak dianggurin lebih dari 3 bulan.
5. Baca 24 buku dalam satu tahun, dan setengah dari jumlah buku yang dibaca harus books in english.
6. Puasa senin-kamis demi melunasi nazar dan lari pagi dilakukan secara berkala, nggak boleh absen lebih dari tiga bulan.
7. Bekerja untuk lembaga-lembaga yang fokus di bidang pengembangan wilayah sesuai MDG, atau di konsultan sebagai konsultan lingkungan, sambil berharap keinginan S2 abroad tercapai tahun ini, atau setidaknya jalan menuju S2 itu terbuka tahun ini.
8. Harus sudah hafal hiragana dan katakana.
9. Menulis. Saya nggak mau disebut ex-jurnalis (Baskoro baru memanggil saya begitu kemarin). Well maybe I'm not a real journalist, but at least I can pretend to be one as long as I still write something worth it to be published.
10. Membuat album foto untuk kenangan jaman kuliah.
11. Menyelesaikan perjuangan mencoba semua tempat makan yang ada di daftar kuliner Bandung.
12. Melukis. Atau menggambar apapun yang bisa dipajang. I'm not a pro, but I'll try to make a good one.

...and that would be all. Have a great year ahead, everyone!

You Might Also Like

0 comments