ENVIRO 9




ENVIRO adalah majalah tahunan dari Departemen Media Komunikasi dan Informasi Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) ITB. Majalah ini bersifat gratis karena merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat HMTL melalui media cetak. Tahun 2011 kemarin, ENVIRO memasuki edisi ke 9, dan launching majalah ini baru saja berlangsung kemarin, Kamis 26 Januari 2012.

Majalah ENVIRO basically mengangkat berbagai tema yang terkait dengan lingkungan hidup secara umum. Beberapa tema yang pernah kami angkat antara lain tentang pencemaran udara, laut, teknologi, bencana, dan terakhir di edisi ke 9 ini kami membahas tentang eco-lifestyle.

Mengapa eco-lifestyle?
Akhir-akhir ini usaha ramah lingkungan dengan berbagai slogan dan label sudah menjamur dimana-mana. "Go Green", "Save Energy", dan berbagai slogan kampanye lainnya banyak terpampang di papan-papan reklame, tas-tas belanja, bahkan mobil-mobil travel. Memangnya usaha ramah lingkungan yang go green itu seperti apa sih?

Sebagian dari kalian mungkin tahu salah satu usaha go green yang paling terkenal, yaitu mengurangi penggunaan kantong plastik. Mungkin ada juga yang denger-denger kalau kita harus hemat energi. Tapi sebenernya, kenapa ya kita harus mengurangi penggunaan kantong plastik? Kenapa harus mematikan lampu kalau nggak dipakai? Kan plastik itu sesuatu yang normal untuk digunakan dan kita masih mampu kok bayar rekening listrik.

Nah, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan 'kenapa harus aware dengan masalah lingkungan dimulai dari kehidupan sehari-hari' ini lah alasan kami mengangkat tema eco-lifestyle di edisi ke 9. Selain menjawab pertanyaan 'kenapa', kami juga menyediakan artikel-artikel yang menjawab pertanyaan 'bagaimana', misalnya:

Hemat air tuh harusnya gimana sih, apa dengan mandi sehari sekali?Kalau hemat energi, kita harus gelap-gelapan gitu ya di rumah?
Terus kalau kita nggak boleh pakai plastik, bawa belanjaan pakai apa dong?
dan masih banyak lagi isu seputar gaya hidup ramah lingkungan yang bisa kalian temukan di majalah ini.

Siapa yang menulis artikel di ENVIRO 9?
Artikel dan rubrik di ENVIRO diisi oleh kontributor. Kontributor untuk edisi ke 9 ini ada 12 mahasiswa Teknik Lingkungan, 2 mahasiswa Planologi, 2 mahasiswa Teknik Geologi, 1 mahasiswa Teknik Sipil, 1 mahasiswa Farmasi, dan 1 alumni Kriya.


Selain mahasiswa dan alumni ITB, kami juga berkesempatan untuk memuat tulisan 5 orang kontributor internasional yang berpartisipasi dalam acara TUNZA di Bandung pada Oktober lalu.



Dimana bisa menemukan ENVIRO?
Karena gratis, tentunya kalian nggak bisa menemukan ENVIRO 9 di toko buku setempat. Tapi kami punya daftar pick-up points di Bandung yang bisa kalian kunjungi kalau tertarik pengen baca ENVIRO. Berikut tempat-tempat dimana ENVIRO 9 didistribusikan:


ITB: HMJ, Unit, Perpustakaan, Koperasi

Universitas di Bandung: UNPAR , UNIKOM, UNISBA, UNPAD, UNIVERSITAS MARANATHA, ITENAS, ITHB

SMA di Bandung: SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 5, SMAN 20, SMA St. Aloysius, SMA Santa Angela, SMA Darul Hikam

SMP di Bandung: SMPN 2, SMPN 8, SMPN 5, SMPN 15, SMP Darul Hikam


Penasaraaaan? Cek juga e-magznya di:

Share:

0 comments