FGIM

By Anissa Ratna Putri - November 04, 2013





Saya dan Dohets selalu tertarik sama kegiatan Indonesia Mengajar. Namun berhubung kami agak impossible untuk jadi Pengajar Muda, maka kami mencari cara lain untuk terlibat sama kegiatan mereka. Salah satunya adalah dengan ikut FGIM atau Festival Gerakan Indonesia Mengajar ini.

Kegiatan ini adalah untuk membantu Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar menyiapkan berbagai media pendidikan untuk membantu proses belajar mengajar para Pengajar Muda di daerah penempatan. Saya sempat kerja bakti di 4 wahana, dimulai dari Kemas Sains, Kepingpedia, Kotak Cakrawala, dan diakhiri dengan Kartupedia. Saya memang hanya memilih wahana yang kemas mengemas aja, hanya satu yang agak mengasah kreativitas: Kartupedia. Maklumlah saya bukan tipe orang yang bakal nyanyi atau divideoin seperti temen-temen saya di wahana Melodi Ceria atau Video Profesi hehehe.

Buat saya FGIM menyenangkan karena nggak hanya berinteraksi dengan orang-orang baru tapi juga membuka mata bahwa Indonesia itu luas, banyak sesama WNI di pelosok sana yang nggak seberuntung kita dalam berkehidupan dan mengenyam pendidikan. Di sisi lain, kami yang udah jadi 'anak kota' banget ini kembali dibawa menjejak tanah dengan melihat berbagai budaya yang begitu kuat di daerah-daerah pelosok. Waktu saya sedang kerja bakti, ada video call dari PM di berbagai daerah, dan salah satunya ada sesi yang memainkan alat musik sasando, menemani kami kerja bakti. Seneng banget bisa berinteraksi sama mereka, bahkan walau lewat dunia maya.

Overall I enjoy working at this event, can't wait for another FGIM! 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments