For You Who Sucks at Giving Gifts

20.29.00


Saya baru selesai nonton Modern Family Season 1 Episode 8 - Great Expectations (okay saya tau ini telat banget, tapi yasudahlah ya) dan tertarik untuk mengangkat isu "giving gifts" ini. Di episode ini, Phil memberikan berbagai macam kado di hari wedding anniversary untuk istrinya Claire, mulai dari view-master yang unik, kalung yang mahal, sampai bunga dan balon yang sweet. Sementara itu, Claire hanya memberikan kupon free-hug dan memilih untuk mengundang penyanyi yang ternyata bahkan diingat pun nggak sama Phil.

The point is - some of you born as sweet, caring person yang peduli pada detail-detail kehidupan orang terdekatmu. Tahu apa yang mereka suka, tahu apa yang mereka inginkan, tahu apa yang mereka harapkan. Cenderung selalu menemukan ide untuk memberikan hadiah di hari spesial mereka. Tapi sebagian lagi mungkin terlahir sebagai orang yang lempeng - kalian sayang dan peduli sama orang terdekat kalian, tapi nggak sekepo itu juga sampai tahu detail-detail seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Or, for some cases, kalian orang yang sweet and caring tapi udah ngulik-ngulik ingatan terdalam masih belum ketemu apa yang diinginkan orang terdekatmu - untuk ulang tahun mereka, misalnya.

So in this post I would like to share some tips that hopefully could help you on this problem. Jadi, bagaimana cara memberikan hadiah yang akan mereka suka?

1. PAY MORE ATTENTION TO THEM - setidaknya satu bulan sebelum hari spesial mereka
Manusia itu makhluk yang nggak pernah puas, jadi pasti adaaa aja hal-hal yang diinginkan tapi belum kesampaian. Coba perhatikan, pernah nggak dia menyebut suatu barang yang mereka suka atau mereka inginkan secara tidak sengaja dan sambil lalu? Dia suka sama sebuah backpack? Dia suka sama action figures? Dia suka sebuah band? Coba digali-gali sedikit, siapa tau teringat.

Bisa juga, dalam waktu satu bulan, kalian bisa agak memancing mereka untuk ngobrol  berbagai topik random, misalnya buku, cd, baju, tas, dompet, jaket, sepatu, apapun topik yang mengarah kepada penemuan bahwa ternyata dia lagi butuh barang A atau ternyata dia lagi pengen barang B tapi belom sempet beli atau ternyata dia lagi butuh dan pengen barang C tapi agak mahal (untuk kasus C, sebaiknya sih diketahui dari minimal 3 bulan sebelumnya jadi kalian bisa nabung dulu, kalau niat ngasih). 

Kalau teman kalian ini orang yang lempeng juga alias nggak pengen apa-apa, dan barang-barang yang mereka suka cenderung nggak signifikan, coba beralih ke makanan. Mungkin ada makanan tertentu yang mereka suka? Misalnya dia suka banget nasi uduk depan komplek, atau dia suka banget apple pie? Atau mungkin kalian pernah makan bersama dan dia mention kalau masakan yang dia pesan ternyata enak? Meskipun makanan bakal hilang ditelan, dan meskipun mungkin dia nggak segitunya juga sama makanan itu - tapi dia pasti senang kalau kalian memberikan sesuatu yang kalian ingat dari hal-hal kecil yang mereka pernah sebutkan sambil lalu. (well, at least most girls and women will do)

Btw, kalau ada hal-hal yang mereka sebutkan sambil lalu dalam rentang waktu satu bulan ini, ada baiknya langsung kalian catat agar tidak lupa. (Lebih baik lagi kalau kalian jadi orang yang perhatian sama mereka sehingga ketika mereka menyebutkan sesuatu yang diinginkan langsung mikir: aha, noted!)

2. STALKING

Metode paling umum yang digunakan anak jaman sekarang, apalagi kalau bukan kepo. Temanmu rajin update status di twitter atau facebook? Atau mungkin dia punya blog? Bisa jadi dia bikin wishlist (kayak saya). Bisa juga dia bercerita tentang hal-hal yang menarik buat dia, misalnya kartu pos atau orangutan. Banyak cara untuk tahu apa yang mereka suka dari aneka social media. Kalau males kepo di internet, coba tanya teman-teman terdekat yang lagi sering bareng dia (kalau itu bukan kamu). Mungkin temannya pernah diceritain dia pengen sesuatu? 

3. USE YOUR CREATIVITY


Untuk kalian yang nggak mau keluar duit banyak dan punya kemampuan lebih dalam kreativitas, ada baiknya  kemampuan itu digunakan disaat-saat seperti ini. Gifts not always about expensive materials or about something they really want to have. Kadang dari kreativitas, terlahir hal-hal yang unik dan sweet yang nggak ada duanya - karena itu kalian buat sendiri. Hal-hal simpel macam kolase foto-foto kenangan kalian, scrapbook kehidupan dia yang memorable (ini agak digabung sama kemampuan kepo sih), kartu ucapan buatan sendiri - entah handmade atau photoshop-made, gambar wajah dia yang kalian bikin sendiri (atau minta bikinin temen yang jago gambar), dan lain-lain. Di era serba teknologi ini, banyak ide kreatif yang sulit jadi mudah. Kalian cuma butuh sedikit niat untuk browsing ide aja.

4. CONVENTIONAL GIFTS
Banyak hal-hal yang bisa dijadikan kado yang umum buat orang. Kue ulang tahun, boneka, balon, dompet, bunga, barang yang dia koleksi, dan lain-lain. Nggak salah kok memberikan kado-kado macam ini, karena pada dasarnya semua orang pasti senang diberikan hadiah, asal bukan sesuatu yang mereka benci aja (kecuali kalian niat ngerjain haha). Tapi akan lebih baik kalau kalian memberikannya dengan tidak biasa - misalnya nulisin balon dengan beraneka ucapan selamat ultah dari teman-teman yang lain, atau bisa juga agak ngerjain dia dulu sebelum dia mendapatkan kadonya, supaya lebih berkesan dan sulit dilupakan. 

5. JUST ASK WHAT THEY WANT.
Untuk kalian yang males mikir, tanya aja langsung sama mereka, pengen dikasih kado apa. Cara ini paling mudah sih daripada ribet-ribet seperti poin 1-4. Tapi poin minusnya, mereka udah tau kalian bakal ngasih apa. Kalau saya sih tetep akan ngasih sedikit effort untuk surprise-in mereka dengan sesuatu, meskipun mungkin hadiahnya yaaa sesuai dengan apa yang mereka minta sebelumnya. Tapi kalau kalian nggak punya waktu untuk surprise juga gapapa kok, yang penting temanmu bahagia.

Btw, saya juga mau agak share tentang kecenderungan pemberian hadiah untuk cowok dan cewek. Sebenernya, cewek itu lebih susah lho ngasih kado untuk cowok, tidak lain dan tidak bukan karena:
1. Cowok jarang nyebut-nyebut apa yang lagi mereka pengen kecuali pengen banget banget banget atau emang lagi butuh (biasanya yang dibutuhkan juga langsung dibeli sama mereka)
2. Cowok biasanya kalau pengen sesuatu spesifik, biasanya sesuatu yang susah dicari atau sesuatu yang mahal

Sementara, cowok bisa memberikan conventional gifts untuk cewek dan cewek bakal senang-senang aja. Lagipula, kebanyakan cewek sering mention mereka lagi pengen apa atau bilang 'ini bagus ya' pada beberapa kesempatan. So boys, actually you can easily note what we want if you pay more attention to us :p

But again, siapa sih yang nggak senang dikasih hadiah? Anyway, semoga post ini membantu kalian membahagiakan orang terdekat kalian ya!

You Might Also Like

0 comments