Sekilas: Teknik Lingkungan

by - Desember 15, 2012

Apa yang kalian bayangkan ketika mendengar Teknik Lingkungan? Jurusan teknik yang isinya mahasiswa aktivis lingkungan semua? Atau jurusan yang belajarnya kimia dan biologi terus? Biar nggak salah persepsi, yuk kenali Teknik Lingkungan lebih dalam!


Teknik Lingkungan ITB merupakan salah satu jurusan di bawah Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan. Jurusan yang dulunya bernama Teknik Penyehatan ini memisahkan diri dari program studi Teknik Sipil sejak tahun 1962 dan kemudian namanya berubah menjadi Teknik Lingkungan pada tahun 1988.

Secara umum, jurusan Teknik Lingkungan mempelajari bagaimana menyeimbangkan aktivitas manusia dengan konservasi lingkungan dan bagaimana mendesain infrastruktur yang mendukung tujuan konservasi tersebut. Supaya lebih kebayang fokus dan lingkup Teknik Lingkungan apa aja, ini nih beberapa topik yang akan kalian pelajari di jurusan ini:


1. Rekayasa air minum dan air bersih
Air untuk mandi, air untuk minum, air untuk cuci piring, dan semua air bersih yang kita gunakan sehari-hari asalnya darimana ya? Nah Sarjana Teknik Lingkungan lah yang memiliki keahlian untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat. Kalian akan belajar mendesain instalasi pengolahan air minum (IPAM), proses apa aja yang terjadi disana, sampai bagaimana menyalurkan air sesuai kebutuhan masyarakat.

2.  Rekayasa air buangan domestik
Dari berbagai aktivitas manusia sehari-hari, tentunya kita menghasilkan air buangan. Air buangan dari rumah-rumah bisa diolah secara terpusat dengan instalasi pengolahan air limbah (IPAL), atau bisa juga diolah di beberapa unit pengolahan lain seperti septic tank. Unit-unit pengolahan air buangan ini nanti yang mendesain adalah Sarjana Teknik Lingkungan. Selain air buangan dari rumah-rumah, di jurusan ini kalian juga akan mempelajari desain saluran penyalur air hujan (drainase), yang fungsinya penting sekali lho untuk mencegah banjir.

3.  Sanitasi Masyarakat
Bagi yang suka berinteraksi sama masyarakat, Teknik Lingkungan adalah salah satu keilmuan yang dekat dengan masyarakat. Di sanitasi masyarakat ini akan dipelajari bagaimana menyediakan infrastruktur sanitasi dan air minum yang tepat sesuai dengan karakter masyarakat di daerah tersebut. Jadi ada pendekatan terhadap masyarakat juga, misalnya dengan melibatkan mereka dalam mendesain MCK atau dengan melibatkan mereka dalam mengelola sampah di daerahnya. Dengan dasar ilmu air buangan domestik yang dijelaskan sebelumnya, di keilmuan sanitasi masyarakat ini kalian langsung bisa mengaplikasikannya. Media aplikasinya bisa lewat kegiatan pengabdian masyarakat mahasiswa yang biasanya nggak jauh-jauh dari topik MCK, air minum, atau sampah.

4. Rekayasa air buangan industri
Hampir semua industri memiliki buangan dari hasil produksinya, yang berarti Sarjana Teknik Lingkungan sangat dibutuhkan untuk mengelola limbah industri tersebut. Di jurusan ini kalian akan dibekali ilmu untuk mendesain IPAL untuk industri dan proses apa saja yang harus ditempuh pada pengolahan air limbah industri sampai mencapai kadar aman untuk dibuang ke lingkungan.

5. Pengelolaan sampah
Di Teknik Lingkungan kalian juga akan belajar bagaimana pengelolaan sampah kota yang baik, mulai dari pemilahan di sumber sampai mendesain landfill atau tempat pembuangan akhir yang optimal. Apakah kalian termasuk orang yang berpikir bahwa tempat pembuangan akhir itu bau dan membosankan? Kalau iya, berarti kalian harus lihat aneka teknologi desain tempat pembuangan akhir yang dipelajari di jurusan Teknik Lingkungan. Bahkan sebenarnya tempat pembuangan akhir bisa jadi tempat wisata lho!

6.  Pengelolaan limbah B3
Bahan yang bersifat berbahaya dan beracun seperti logam berat sering digunakan dalam kegiatan manusia juga dalam kegiatan industri. Bahan B3 ini nantinya akan keluar sebagai limbah, yang pastinya sangat berbahaya bagi lingkungan sekitar juga kesehatan manusia. Sarjana Teknik Lingkungan mempelajari bagaimana mengelola limbah B3 ini, bisa dengan media-media penyerap kandungan B3, bisa dengan pengubahan fasa dari limbah tersebut, dan berbagai teknologi lain yang akan terus dikembangkan kedepannya.

7.  Pengendalian Pencemaran Udara
Kembali lagi ke industri-industri yang punya banyak emisi, salah satu emisinya adalah dalam bentuk gas dan partikulat. Nah di jurusan Teknik Lingkungan kalian juga akan belajar tentang udara, mulai dari persebaran emisi dari cerobong di industri sampai mengukur kadar polutan di suatu kota. Kalian juga akan belajar mendesain unit-unit pengendali pencemara udara supaya polutan-polutan dari industri tidak mencemari kota tempat tinggal kita.

8.    Kesehatan Lingkungan
Pada topik pembahasan ini kalian akan belajar mengenai elemen-elemen lingkungan seperti hidrosfer, atmosfer, dan lain-lain. Kemudian akan dikaji penyakit apa saja yang mungkin timbul serta lewat media apa saja penyebarannya. Di topik ini kalian juga akan belajar mengukur kadar toksisitas limbah, bagaimana tingkat bahayanya bagi lingkungan hidup. Tapi tidak seperti dokter yang mempelajari tindakan penanganannya, mahasiswa Teknik Lingkungan lebih fokus terhadap tindakan pencegahan terjadinya penyakit melalui usaha menciptakan lingkungan hidup yang baik.

9.    Pengelolaan Lingkungan
Pengelolaan berarti melakukan berbagai usaha untuk membuat limbah tidak mencemari lingkungan, baik dengan pewadahan, pengangkutan, maupun pengolahan. Di pengelolaan lingkungan kalian akan belajar permodelan kasus terkait masalah lingkungan, analisa dampak lingkungan dari suatu aktivitas manusia, bagaimana menerapkan sistem manajemen lingkungan dalam suatu industri maupun organisasi, dan lain-lain.

10.    Teknologi Bersih
Pernah dengar 3R (Reduce, Reuse, Recycle)? Di topik pembahasan ini, kalian akan mempelajari aplikasi 3R di industri. Bahkan tidak hanya 3R tapi sampai 6R, ditambah dengan prinsip lainnya seperti bagaimana memodifikasi produk atau memodifikasi proses agar mengurangi timbulan limbah dari proses industri. Tidak hanya mengurangi timbulan limbah, bahkan bisa menghasilkan keuntungan berlebih karena hasil produksi yang meningkat atau karena mengurangi konsumsi bahan baku baru.

Setelah penjabaran panjang lebar lingkup pelajaran mahasiswa Teknik Lingkungan, sudah ada bayangan belum kira-kira Sarjana Teknik Lingkungan bisa kerja dimana aja? Dari lingkup keilmuan yang lebar itu, sebenarnya banyak banget pilihan tempat kerja seorang Sarjana Teknik Lingkungan. Misalnya untuk urusan air minum, air bersih, sampah dan air limbah domestik kalian bisa kerja di Kementerian Pekerjaan Umum atau PDAM. Aneka industri juga bisa menjadi ladang kerja lulusan Teknik Lingkungan. Industri migas, industri makanan, industri pertambangan, industri kertas, dan berbagai industri lainnya pasti membutuhkan seorang engineer untuk mengelola limbah yang dihasilkan. Di industri-industri ini kalian biasanya akan ditempatkan di Departemen Health, Safety, and Engineering (HSE).  Kalian juga bisa bekerja di LSM lingkungan, konsultan, banyak deh profesi yang bisa jadi pilihan kita saat sudah menyandang gelar Sarjana Teknik Lingkungan.

Nah, sekarang kebayang kan kalau jurusan Teknik Lingkungan itu isinya bukan hanya kimia dan biologi aja? Semua ilmu sains diterapkan di keprofesian ini. Dan tentunya, jurusan Teknik Lingkungan tidak hanya berisi aktivis lingkungan saja, jadi nggak perlu takut masuk jurusan ini kalau kamu masih awam tentang permasalahan lingkungan. Semua mahasiswa di jurusan ini sama-sama belajar untuk memfasilitasi masyarakat agar hidup nyaman, yaitu dengan menerapkan teknik rekayasa yang diharapkan bisa menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik.

You May Also Like

5 komentar

  1. Halo. Saya masih kelas 12 SMA dan saya lumayan tertarik dengan jurusan Teknik Lingkungan ini. Jadi artikel mbak ini sangat-sangat membantu dan berguna bagi saya. hehe
    Yang pengen saya tanyakan, kalau berminat masuk jurusan ini harus pinter di mapel apa saja yaa? Biologi? Kimia? Fisika?
    Emang setiap ilmu itu saling terkait tapi yg bener-bener harus expert biar cocok di jurusan kuliah ini apa ya mbak?
    Terimakasih sebelumnya. :)

    BalasHapus
  2. bagus anugrah16 Juli 2013 03.04

    kak salam kenal ya nama saya bagus :) saya lulusan tahun ni saya sekarang kuliah di UNRI ambil jurusan t.lingkungan, saya udah baca artikel kakak itu, bisa gak kalo kita sharing informasi tentang t.lingkungan ini, soal saya masih baru kak masih kurang paham juga hehe :) bisa gak kak?

    tolong dibales ya kak :)

    BalasHapus
  3. bisa kok bisa,

    BalasHapus
  4. salam kenal nama saya rini, saya ingin bertanya, saya alumni kimia murni dan berencana mengambil magister teknik lingkungan, yang ingin saya tanyakan apakah hal ini masih sejalan?

    BalasHapus
  5. mkasih gan ,,, postingan sekilas-teknik-lingkungan , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !

    BalasHapus